Review BRILENS LS1280 LASER PROYEKTOR | Sebuah Proyektor Hibrida. Apa Itu?

Mungkin artikel ini agak sedikit terlambat, tapi kami yakin tema yang kita angkat kali ini masih cukup segar terkait dengan konteksnya.

 

Yang baru dari CES2015, Brilens meluncurkan proyektor pertama yang dilengkapi dengan bohlam laser-LED hibrida: bertahan lama dan bebas perawatan dalam casing portabel kecil. Sebagai teknologi baru, harganya tinggi $ 999 - tetapi apakah itu sepadan? Baca terus untuk mengetahui, dan pada akhirnya, kami memberikan unit ulasan kami kepada pembaca yang beruntung!


Pembaruan: Sejak publikasi ulasan ini, pembongkaran unit mengungkapkan bahwa klaim sebagai "proyektor laser" mungkin telah dibesar-besarkan. Meskipun memang ada beberapa modul laser di dalamnya, output mereka tampaknya diabaikan dibandingkan dengan lampu LED standar. Saya bukan ahli dalam cahaya optik atau laser, jadi jika Anda ingin rincian lebih lanjut, silakan baca thread di AVSForums.


Apa yang ada di dalam kotak?
Hanya dasar-dasar di sini:

Unit proyeksi utama
Kabel VGA dan HDMI
Kabel daya (IEC)
Batu bata daya berat
Remote control dasar

projecteur brilens ls1280 - contenu

Karakteristik:

3800 lumen
Rasio kontras 50.000: 1
Jarak proyeksi dari 1,5 hingga 12 m
Rana aktif 3D (kacamata tidak termasuk, oleh karena itu belum teruji)
2x input HDMI, VGA
Resolusi Asli WXGA 1280 x 800 16:10
Lokasi untuk kartu Micro SD
Entri/output audio stereo
Ethernet / Wi-Fi
2,5 kg (tidak termasuk batu bata listrik)
Catatan, unit ujian yang kami terima tampaknya memiliki masalah dengan input HDMI 1, meskipun entri 2 sudah benar.


Kompetisi
Saya penggemar berat pengalaman film layar lebar di rumah (atau mungkin saya benci popcorn mahal?), jadi ini bukan proyektor pertama yang kami tinjau di Means I / O. Sekitar waktu ini tahun lalu, saya bertanya apakah proyektor $ 400 layak diganggu, dan saya cukup terkesan — bahkan memiliki sistem Android yang kompatibel bawaan. Model yang sama sekarang telah pergi dari 3800 ke 4500 lumens dan harga telah turun sedikit. Dengan spesifikasi dasar yang sama dengan Brilens 1280 - tetapi dalam kasus yang jauh lebih besar - sulit untuk mengetahui apakah portabilitas bernilai tambahan $ 600.

Harga yang lebih dekat adalah sejumlah proyektor lensa pendek seperti Optoma W305ST (saat ini $ 710) atau BenQ W1070 ($ 675), yang keduanya menawarkan kecerahan yang lebih rendah; dan bahkan proyek panjang fokus ultra pendek seperti proyektor game Optoma GT750 yang kami tinjau pada pertengahan 2013 memiliki model GT760 yang ditingkatkan yang tersedia dengan harga lebih dari $ 500. Ini adalah kompetisi yang sangat sulit - LS1280 harus naik untuk harga itu.

Ukuran dan kualitas gambar
LS1280 memiliki jarak proyeksi yang jauh lebih panjang dari yang diharapkan - meskipun halaman penjualan menunjukkan 50 inci pada 1,5 m dari layar, pengukuran saya mengukurnya lebih banyak pada 40 inci, bahkan dengan roda zoom lensa secara maksimal. Karena TV 50 inci dapat dibeli dengan harga kurang dari $ 1.000 (dan itu akan memiliki kualitas gambar yang lebih baik), sulit untuk melihat LS1280 digunakan dalam pengaturan home theater. Jika Anda memiliki ruangan besar dan Anda dapat memasangnya di bagian belakang langit-langit, Anda akan mendapatkan ukuran proyeksi yang memuaskan - tetapi kemudian jika Anda akan memasangnya, apa proposisi nilai dengan membeli proyektor portabel? Anda dapat membeli model yang jauh lebih murah yang lebih besar yang cukup cocok untuk lingkungan rumah.



projecteur brilens ls1280 - objectif

Batasan ini menempatkannya dengan kuat di kelas bisnis: baik jika Anda berada di ruang pertemuan besar dan dapat menempatkannya di ujung meja.

Meskipun perangkat menjanjikan dukungan 3D, pemasaran mereka ada di mana-mana: Saya menjelaskan dengan perwakilan mereka bahwa ia menggunakan rana aktif 3D (bingung? Baca perbedaannya: dapatkah monitor saya melakukan 3D?), tetapi halaman penjualan mengatakan "3D pasif," dan daftar lain menunjukkan gambar dengan filter 3D merah / cyan diterapkan. Dalam hal apa pun, tidak ada kacamata 3D yang disertakan dalam paket yang diterima, jadi saya tidak dapat mengkonfirmasi klaim ini.

Kualitas gambar yang sebenarnya tidak menakjubkan - saya bisa melihat gradien yang jelas dalam rentang warna yang tidak ada di komputer. Film dan acara televisi tampaknya, dalam pandangan saya, relatif tidak canggih.

Terkait: Foc.us tDCS Headset Review dan Giveaway
Resolusi
Dengan resolusi asli 1280 x 800 (16:10 WXGA), LS1280 pada dasarnya adalah proyektor 720p. Meskipun sebenarnya sulit untuk membedakan antara 720p dan 1080p pada TV 30 hingga 40 inci dari sofa Anda, perbedaannya lebih besar setelah Anda meniup gambar hingga 70 inci atau lebih. Diagram di bawah ini menunjukkan lebih jelas pentingnya 720p vs 1080p.



Pada titik ini, saya akan mengalami kesulitan merekomendasikan proyektor 720p untuk home theater. Proyektor tertinggal di belakang TV tradisional, sementara TV 4K tersedia dengan harga kurang dari $ 1.000 (bukan berarti Anda membutuhkannya), proyektor 4K masih baru di pasaran dan harganya puluhan ribu dolar, tetapi 1080p ("Full HD") harus benar-benar menjadi resolusi terendah yang Anda bayangkan, terlepas dari model berangkuk rendah.

Operasi
Fokus dan tingkat penyesuaian ukuran layar yang kecil dilakukan secara manual dari dial hitam ini di samping.



Di atas perangkat adalah berbagai tombol standar, termasuk tombol menu gaya d-pad multifungsi dan pemilihan daya / sumber biasa.


Remote control dasar juga disertakan yang se generik mungkin dan hanya melakukan pekerjaan. Namun, penerima IR terletak di atas perangkat, jadi Anda harus membidik dengan hati-hati.



Port Ethernet dan adaptor Wi-Fi terintegrasi untuk mengatur mesin sebagai penerima Miracast; sayangnya, memasukkan kata sandi Wi-Fi melibatkan penggunaan pad digital untuk menunjuk ke sekitar kata kunci perangkat lunak - dengan kata sandi campuran panjang yang mencakup tanda baca, saya sudah menyerah pada omong kosong ini. Pemutar media dasar disertakan untuk memutar file media dari slot kartu SD atau USB stick, tetapi tidak ada sistem Android bawaan seperti yang telah kita lihat pada beberapa proyektor, sehingga opsi Anda sedikit terbatas.

Kebisingan
Mereka mengklaim tingkat kebisingan 25 dB, tetapi karena itu berarti diam, saya memiliki keraguan serius tentang pernyataan ini. Saya menggunakan SPLnFFT Noise Meter untuk mengukur (secara luas dianggap sebagai alat iPhone paling akurat yang tersedia), dan merekam tingkat kebisingan ambien antara 40 dan 44 dB. Saat proyektor diputar, kipas yang sangat sensitif meningkat menjadi 50-55 dB dalam inci proyektor. Ini akan sangat terlihat selama bagian bisu dari trek film, dan unit cenderung naik dan turun kipas, sehingga menarik perhatian pada dirinya sendiri. Menggunakan alat komputasi dB (dB adalah skala logaritmik, jadi kita tidak bisa hanya melakukan 55-44 untuk mendapatkan tingkat kebisingan yang sebenarnya dari proyektor), meninggalkan kita dengan 48,7 dB proyektor saja. Anda dapat mendengarnya sendiri di video di awal artikel.


bruit

Cukuplah untuk mengatakan bahwa volume kebisingan LS1280 tidak cocok untuk home theater dan mungkin akan mengganggu dalam semua pertemuan bisnis, tetapi yang paling berisik.

Portabilitas
Kami telah menyebutkan ukuran kecil dan 2,5 kg tubuh ringan, tetapi ada fitur lain yang jelas menunjukkan bahwa ini adalah untuk penjual perjalanan.

Terkait: Pinebook 64 Review: sebuah laptop $ 100 yang tidak besar
Sebuah input daya di belakang berlabel "baterai" menyinggung fakta bahwa Anda secara teoritis dapat menjalankan proyektor ini dari baterai - itu adalah titik penjualan besar untuk pertemuan di mana saja, tetapi saya merasa sulit untuk memikirkan situasi pertemuan karena saya belum pernah berada di tempat yang tidak ada outlet listrik yang tersedia. Pada saat penulisan, baterai belum tersedia, juga tidak ada informasi tambahan tentang harga, tetapi dijanjikan di kemudian hari.

Nilai jual lain yang bagus untuk presentasi seluler adalah fitur transmisi video nirkabel MiraCast, yang memungkinkan streaming sederhana dan mulus dari sejumlah perangkat seluler dan melalui aplikasi PC. Proyektor "Pico" saku biasanya mengerikan, tetapi kamera ini memberi Anda ukuran gambar yang wajar dalam kasus kecil.

Sayangnya, tidak ada kasus transportasi yang disertakan. Jelas, ini bukan istirahat bagi siapa pun, tetapi mengingat target pasar mereka, itu akan menjadi langkah yang bagus; kebanyakan proyektor datang dengan beberapa jenis kasus pelindung.

Masa pakai lampu
Umur lampu LS1280 yang ditunjukkan adalah 50.000 jam, karena teknologi yang relatif baru dari "bohlam laser". Namun, anggaran ATCO proyektor saya meninjau tahun lalu juga menunjukkan 50.000 jam dengan lampu LED. Sulit untuk melakukan pengujian jangka panjang pada dua elemen ini, tetapi masuk akal untuk mengasumsikan bahwa bohlam LED mungkin telah berlebihan, terutama pada harga di bawah $ 400. Lampu merkuri konvensional biasanya mendapatkan sekitar 6.000 jam sebelum mereka perlu diganti.

Tapi mari kita lakukan beberapa perhitungan untuk sementara waktu. Jika Anda menonton film satu setengah jam setiap malam sepanjang tahun, itu masih kurang dari 550 jam setahun. Bohlam 6.000 jam - katakanlah setengah jika Anda menggunakan kecerahan maksimum karena bohlam yang ditunjukkan sering hidup mode "hemat energi" tertentu - masih harus bertahan sekitar 5 tahun, ketika proyektor 4K yang terjangkau akan ada di pasar dan Anda akan ingin meningkatkan. Hasilnya adalah bahwa kecuali proyektor Anda digunakan terus menerus, saya menyarankan Anda untuk tidak membuat keputusan berdasarkan kehidupan bohlam.



Haruskah Anda membeli Brilens LS1280?
Pada $ 1.000, sulit untuk merekomendasikan LS1280 untuk penggunaan domestik. Ini tidak murah; itu juga tidak memungkinkan Anda untuk memiliki ukuran gambar yang besar pada jarak dekat, seperti proyektor panjang fokus ultra-pendek. Ini tidak memiliki sistem multimedia Android terintegrasi, karena beberapa proyektor yang lebih murah telah ditambahkan baru-baru ini, meskipun membaca media sederhana dari USB; atau Full HD. Meningkat, itu adalah 2,5 kg, sehingga mudah diklasifikasikan sebagai portabel, dan memiliki umur panjang lampu yang disediakan oleh bohlam laser - tetapi tidak lebih dari teknologi LED yang mapan - setidaknya menurut produsen, kehidupan bohlam ditunjukkan. Kebisingan kipas khususnya mengecewakan, seperti jarak proyeksi panjang yang diperlukan. Ini mungkin hanya awal dari bola laser, tapi saya sarankan menunggu teknologi ini matang, kecuali portabilitas adalah prioritas nomor satu Anda sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Proyektor BenQ TK800 : adalah proyektor 4K yang benar-benar dapat Anda beli

Review Proyektor Vankyo V600 : Proyektor Ekonomis yang Brilian

Review Proyektor Anker's Nebula Capsule 2 : Salah Satu Proyektor Portabel TERBAIK