Review Proyektor BenQ TK800 : adalah proyektor 4K yang benar-benar dapat Anda beli

 

BenQ TK800 adalah proyektor HDR 4K berkinerja tinggi. Dengan harga kurang dari $ 1.500, proyektor DLP ini adalah untuk pasar hiburan olahraga, jadi apa waktu yang lebih baik untuk mengujinya daripada selama Piala Dunia Sepak Bola?

Baca terus untuk melihat apa yang kita pikirkan tentang proyektor ini (TL; Dr: it's great).

Sifat

Ben Q TK800 memiliki banyak fitur:

  • Sistem proyeksi DLP
  • Output 4K UHD
  • Kecerahan 3000 Ansi Lumens
  • Rasio kontras 10000: 1
  • Rasio lemparan dari 1,47 menjadi 1,76 (tidak ada "lemparan pendek")
  • Rasio zoom: 1.2: 1
  • 92% Rec. Cakupan 709


Dengan bohlam 240W, TK800 mengkonsumsi total 330 W saat digunakan. Ini menghasilkan 33 dB kebisingan akustik dan dapat dengan mudah menghasilkan gambar 300 inci.

Pintu masuk dan keluar

Proyektor ini mencakup input dan output audio analog, input video analog melalui port VGA, port HDMI 2.0 dan 1.4, USB Type-A, USB Mini-B, RS-232 dan pemicu 12V.

E / S ini mungkin tidak mengejutkan - itu adalah proyektor setelah semua, tetapi ada beberapa keterbatasan di sini. Pertama-tama, dimasukkannya VGA membingungkan karena tidak dapat mendukung konten 4K. Ini membuatnya lebih serbaguna bagi mereka yang memiliki komputer yang lebih tua, tetapi mengapa repot-repot membeli proyektor 4K jika Anda akan menggunakan sinyal video analog?


Port USB tidak dapat digunakan untuk membaca konten; Output tersebut ditujukan untuk pemeliharaan dan output daya USB untuk perangkat seperti Chromecast atau Fire TV Stick.

Pemicu 12V dan port RS-232 dapat mengontrol proyektor dari jarak jauh atau menghubungkan perangkat terkait seperti layar proyektor bermotor.

Akhirnya, hanya satu port HDMI yang mendukung HDMI 2.0 dan HDCP 2.2. Satu-satunya port HDMI lain yang mendukung 1.4a dengan HDCP 1.4. Kami tidak tahu mengapa kami menggunakan standar yang lebih lama, tetapi jika Anda memerlukan lebih banyak port HDMI 2.0, Anda harus menggunakan kasus pengalihan.

Supersize Olahraga

TK800 mampu menghasilkan layar berukuran bioskop 300 inci. Itu diagonal 25 kaki dari konten 4K yang cantik. Aku tidak bisa menguji itu karena aku tidak memiliki dinding yang cukup besar.


Bagi saya, 90 inci adalah yang terbesar yang bisa saya proyeksikan sambil dapat melihat gambar. Tidak ada pengurangan tajam atau kecerahan yang nyata, dan gambar selalu setajam dan sejelas ketika diproyeksikan ke ukuran yang jauh lebih kecil.


Jika Anda mencari proyektor home theater, pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk menempatkan proyektor jauh dari layar. Rasio proyeksi dari 1,47 ke 1,76 tidak buruk, tetapi ingat bahwa untuk mendapatkan layar raksasa 300 inci, Anda harus duduk proyektor di sekitar 37 kaki. Jika Anda kehabisan ruang, Anda akan ingin melihat proyektor lensa pendek sebagai gantinya.


 

Desain dan keramahan


Seperti banyak proyektor high-end lainnya di pasar, TK800 mengambil format kotak persegi panjang "tradisional". Ini memiliki port penguncian, kaki disesuaikan dan lubang pemasangan di dukungan.

Tutup lensa diamankan dengan aman oleh pinggang kecil, dan fascia biru membedakan eksterior putih yang sederhana.


Berukuran 13,9 x 5,3 x 10,7 inci, proyektor ini lebih besar dari proyektor rumah rata-rata Anda, tetapi kira-kira setara dengan banyak model home theater serupa. Beratnya dikelola £ 9,2.


Speaker built-in 5W yang unik mereproduksi suara dengan cukup baik untuk mendengarkan santai, tetapi Anda pasti menginginkan sistem suara surround khusus untuk pengalaman sinematik. Jika Anda bertujuan untuk ukuran layar besar, Anda akan terlalu jauh dari proyektor untuk mendengar bahkan speaker itu.

Seperti semua proyektor, ini menghilangkan beban panas. Ini bukan masalah bagi sebagian besar pengguna, jangan memblokir ventilasi yang tepat. Kipas internal bisa berisik, tetapi proyektor mana yang tidak? Semua ukuran layar ini memiliki biaya, tetapi tidak cukup kuat untuk menenggelamkan speaker.


Akhirnya, menu dasar bekerja dengan baik, tetapi kadang-kadang dapat merespon perlahan-lahan. Meskipun setelah menyelesaikan pengaturan pertama, Anda jarang perlu mengakses menu. Tugas umum seperti mengubah volume atau input seketika.


Kualitas dan kecerahan gambar

Kualitas gambar proyektor ini luar biasa. Berkat sensor DLP dan roda warna RGBW 4-segmen, warnanya cerah dan cerah. Konten animasi seperti Big Buck Bunny tampak luar biasa.


Video game yang berjalan di konsol Xbox One X atau PS4 Pro yang kompatibel dengan 4K sama menakjubkannya dan terasa sangat imersif jika Anda memiliki ruang untuk layar lebar. Beberapa game mungkin berada di sisi gelap, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk menyempurnakan pengaturan kecerahan dan kontras Anda untuk pengalaman yang lebih baik.


Ini dipasarkan sebagai proyektor olahraga untuk pesta atau barbekyu luar ruangan, dan memang, TK800 sangat bagus untuk menonton olahraga. Kecerahan 3000 lumen sudah cukup untuk melelehkan bola mata Anda di dalam dan cukup terang untuk melihat juga di luar, selama layar tidak di bawah sinar matahari penuh.

Dengan Piala Dunia saat ini berlangsung pada saat penulisan, tidak ada kekurangan permainan untuk ditonton. Warnanya spektakuler, terutama rumput hijau dan kit pemain. Juga tidak ada hantu atau gagap. Anda akan memiliki waktu yang lebih sulit untuk menemukan aliran sepak bola 4K yang andal daripada yang akan Anda dapatkan dengan proyektor ini.


Ketika 4K bukan 4K

Perlu dicatat bahwa proyektor ini bukan 4K "nyata". Ini dapat menangani input 4K dan menghasilkan gambar 3840 x 2160 piksel, tetapi resolusi asli sensor kurang dari 4K, pada 2716 x 1528.


Sensor ini menggunakan teknologi yang dikenal sebagai 'XPR pixel shift'. Ini secara cerdas menggerakkan sensor dengan sangat cepat, untuk menghasilkan output resolusi yang lebih tinggi daripada yang dapat ditangani sensor dengan sendirinya. Ini bekerja sangat baik dan merupakan alasan untuk harga di bawah $ 1500.


Ini mungkin terdengar seperti kecurangan, tetapi setiap piksel dapat ditangani secara individual oleh proyektor atau perangkat input digital, sehingga memenuhi standar yang diperlukan untuk layar 4K.

 

Jika Anda putus asa dengan ini dan lebih suka memiliki sensor DLP 4K asli, Anda harus membayar lebih banyak. Harga untuk proyektor 4K asli mulai sekitar $ 4.000.

Jangan lupa untuk membaca perbandingan perangkat streaming 4K jika Anda mencari perangkat 4K untuk menemani proyektor Anda.

Masa pakai lampu

Seperti proyektor lainnya, bohlam TK800 hanya memiliki umur terbatas. Dinilai pada 4.000 jam dalam mode normal, 8.000 jam dalam mode "SmartEco" atau 10.000 jam dalam mode ekonomi. Umur ini fantastis, dan mode eco lebih dari cukup terang ketika Anda menggunakan proyektor untuk malam film atau ketika lampu mati.


Jika Anda menggunakan proyektor ini di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan sinar matahari yang masuk melalui jendela, Anda harus menggunakan mode normal atau meningkatkan kecerahan. Masa pakai lampu 4000 jam dalam mode normal masih sangat baik untuk proyektor yang terang dan akan bertahan sekitar lima tahun penggunaan dua jam per hari.


Lampu pengganti asli biaya $ 250, yang masuk akal mengingat biaya proyektor dan kehidupan bohlam. Ini setara dengan sekitar enam sen per jam dalam mode normal, jadi masukkan 12 sen ke dalam toples setiap kali Anda menonton film dan Anda akan memiliki uang dalam waktu singkat.

Apakah itu sepadan?

TK800 bernilai setiap sen dari harga $ 1500. Dukungan untuk konten HDR 4K, warna luar biasa, kecerahan luar biasa, dan ukuran layar besar adalah semua fitur fantastis. Proyektor ini adalah pilihan yang sempurna untuk pengalaman IMAX di rumah.

Pemurni mungkin tidak puas dengan cara konten 4K ditampilkan, dan mungkin sulit untuk menginstalnya di ruangan yang sangat kecil, tetapi ini hanya titik gesekan kecil, yang tidak menghalangi penawaran yang luar biasa. Membelinya sekarang, Anda tidak akan menyesalinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Proyektor Vankyo V600 : Proyektor Ekonomis yang Brilian

Review Proyektor Anker's Nebula Capsule 2 : Salah Satu Proyektor Portabel TERBAIK